APA ITU HEVC x265 ?


HEVC x265 merupakan video codec penerus x264. HEVC (High Efficiency Video Coding) adalah standar kompresi terbaru yang di kembangkan oleh Joint Collaborative Team on Video Coding.

HEVC atau x265 (sama aja sih) dikembangkan untuk membuat video menjadi lebih baik dan efisien dari generasi sebelumnya yaitu x264. Kenapa lebih baik dan lebih efisien? misal, sobat punya file video berukuran 2GB (1080p), dan sobat akan me-encode videonya dengan x264 dan x265, maka hasilnya video yang telah di encode x264 ukurannya menjadi 1GB, nah sedangkan yang di encode dengan x265 menjadi 700MB dengan resolusi yang sama dengan yang di encode pakai x264. dan tentunya itu lebih efisien, bukan?

Segala hal pasti ada kelebihan dan kekurangan. kekurangan encode x265 ini adalah diperlukan PC dengan spesifikasi minimal dual-core dan memiliki RAM 2GB agar videonya berjalan dengan baik. dan untuk android, saat ini masih belum banyak device yang support HEVC x265, Salah satu device yang support memutar HEVC adalah Sony Xperia Z2.

Lalu software (untuk PC) apa saja yang bisa memutar HEVC? yaitu MPC, VLC Media Player, PotPlayer dll. Kalo admin sih lebih suka pakai MPC

Mungkin segitu saja yang bisa saya berikan,
Terimakasih telah berkunjung ;)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APA ITU HEVC x265 ?"

Posting Komentar